Jenis Kambing Qurban Terbaik

Jenis Kambing Qurban Terbaik

 

Kambing Qurban Terbaik

Kambing qurban merupakan salah satu alternatif terbaik supaya bisa tetap berkurban dengan budget yang hemat. Tetapi, kita tetap harus selektif dalam memilih hewan qurban. Binatang yang akan diqurbankan hendaknya yang paling baik, cukup umur dan tidak boleh cacat. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Empat macam binatang yang tidak sah dijadikan qurban: 1. Cacat matanya, 2. sakit, 3. pincang dan 4. kurus yang tidak berlemak lagi.” (HR Bukhari dan Muslim).

Kali ini, kami mau merekomendasikan 6 Jenis Kambing Kurban Terbaik bagi kamu yang masih bingung manakah yang paling unggul dan baik tentang kambing qurban.

1. Kambing Qurban Boer

Ciri utama kambing boer ini adalah memiliki tubuh yang gemuk, panjang dan lebar dengan kaki pendek. Selain itu, telinga kambing ini juga lebih lebar dan lebih panjang dengan kepala berwarna cokelat kemerahan atau cokelat muda hingga cokelat tua.

Karkas kambing boer juga termasuk ke dalam tingkatan yang tinggi dengan mencapai lebih dari 50% bobot asli tubuhnya. Bobot seekor kambing jantan bisa mencapai hingga 150kg. Tak salah jika kambing boer menjadi hewan kurban favorit masyarakat karena daging yang dihasilkan lebih banyak.

2. Kambing Qurban Muara

Kambing yang memiliki fisik yang gagah dengan ciri khas kulit berwarna coklat dan aksen hitam ini begitu banyak diminati. Selain bertubuh gemuk kambing ini juga sangat lincah dan memiliki ketangkasan yang bagus.

Bagian dadanya besar dan penuh sebagai indikasi tingginya komposisi karkas. Selain itu, bobotnya juga lebih baik dari pada jenis kambing kacang. Rata-rata bobot badan pejantan dewasa adalah sekitar 68,3 Kg. Postur tubuh yang besar inilah yang sering dimanfaatkan peternak untuk menghasilkan daging.

3. Kambing Saanen

Kambing yang berasal dari Swiss Barat tepatnya di Lembah Saanen ini merupakan salah satu jenis kambing terbesar di Swiss dan memiliki ciri khas yakni dengan adanya jenggot serta tanduknya yang lancip.

Ciri khas lainnya yang memudahkan kambing Saanen dapat dengan mudah dibedakan dengan kambing jenis lainnya adalah warna kulit yang putih bersih dengan titik hitam di hidung, telinga dan di kelenjar susu. Postur telinga kambing ini pun juga tegak ke kanan dan ke kiri.

Selain sebagai penghasil susu terbaik, kambing Saanen juga termasuk kambing pedaging dengan bobot Kambing Saanen betina 63kg, dan pejantan dewasa mencapai 91kg.

4. Kambing Etawa

Kambing etawa adalah jenis kambing dengan telinga panjang menggelantung ke bawah. Kambing satu ini merupakan kambing yang berasal dari India dan juga disebut kambing Jamnapari. Lain dari tampilan kambing yang kebanyakan terlihat sedikit lebih kurus, jenis ini memiliki daging dan bulu yang sangat tebal. Kambing etawa memiliki bulu putih bersih, dahi dan hidungnya cembung, serta ekor yang sangat kecil.

Kambing etawa memang terkenal sebagai kambing yang dapat menghasilkan susu dalam jumlah yang banyak. Namun, kambing ini juga begitu cocok untuk digunakan sebagai hewan qurban karena beratnya bisa mencapai 91 kg untuk kambing jantan dewasa.

5. Kambing PE (Peranakan Etawa)

Kambing Peranakan Etawa (PE) telah menjadi salah satu ikon Kabupaten Kulonprogo, Daerah Iistimewa Yogyakarta (DIY).  Kambing jenis ini merupakan hasil dari perkawinan antara kambing etawa dengan kambing kacang yang bisa beradaptasi terhadap kondisi iklim Indonesia dan lincah sehingga disebut juga sebagai kambing lokal.

Ciri-ciri kambing PE adalah memiliki tanduk kecil pada bagian kepala serta telinga yang lebar, panjang serta jatuh ke bawah, dan bulu badannya belang karena hasil percampuran warna bulu kambing Etawa dan Kacang. Maka tak heran jika kambing ini memiliki kesamaan dalam besar ukuran dengan kambing etawa namun memiliki kondisi fisik yang lebih baik.

Bobot kambing PE pun juga lumayan besar seperti halnya kambing Etawa, untuk kambing jantan bisa mencapai bobot 91 kg, sedangkan untuk kambing betina beratnya bisa mencapai 63 kg.

6. Kambing Jawarandu

Kambing ini juga merupakan hasil persilangan antara kambing kacang betina dengan kambing peranakan etawa jantan. Bedanya kambing jawarandu lebih mirip dengan kambing kacang dengan postur yang sedikit lebih besar.

Ciri khas lainnya adalah kambing jenis ini bermuka agak cembung dengan telinga menggantung, memiliki tanduk dan berat yang kecil.

Seekor kambing jawarandu jantan beratnya bisa mencapai 40 kg. Kambing jenis ini dibudidayakan menjadi hewan kurban atau akikah pada suatu acara atau hari besar.


Nah, itulah 6 Jenis kambing unggul dan terbaik yang popular di pasaran dan cocok untuk dijadikan sebagai hewan kurban. Semoga bisa dijadikan referensi untuk kalian yang masih bingung milih hewan kurban.

Untuk kamu yang tidak mau ribet mencari kambing kurban, tidak perlu khawatir. Kini ada kandang.id, bisa pilih lewat HP, dipotongkan, dipackingkan, dan penyaluran secara gratis.

Kerja itu Selingan, Yang Utama Sholat

Ternak Desa Sejahtera, Kandang Qurban Terbesar di Indonesia

Copyright @kandang.id 2020

Home
About us
Shop
Search