Cara Membuat Nasi Kebuli

Cara Membuat Nasi Kebuli

 

Membuat nasi kebuli – bumbu nasi kebuli cukup kaya rempah, sehingga memberikan rasa khas yang gurih dan lezat. Seperti diketahui, nasi kebuli merupakan hidangan khas Arab yang mudah dijumpai di Indonesia. Bumbu nasi kebuli menggunakan rempah-rempah, daging ayam atau kambing, minyak samin, hingga kurma atau kismis. Beberapa bumbu nasi kebuli yang biasa digunakan di antaranya bawang putih, bawang merah, lada hitam, cengkih, ketumbar, jintan, kapulaga, kayu manis, pala, dan minyak samin.

Bumbu-bumbu nasi kebuli ini tentu membuat hidangan tersebut terasa gurih dan lezat. Selain itu, biasanya, nasi kebuli juga menggunakan nasi basmati. Kendati demikian, Anda juga masih bisa menggunakan nasi atau beras biasa. Meski bumbu nasi kebuli terbilang banyak, Anda tetap bisa juga membuat hidangan ini di rumah. Anda membutuhkan beberapa bumbu rempah dan minyak samin untuk membuat nasi kebuli asli khas Arab.

Minyak samin merupakan salah satu bumbu nasi kebuli yang penting. Minyak samin ini berbahan dasar mentega dan terkenal dengan sebutan ghee di kalangan masyarakat Timur Tengah dan India. Terkait cara memasak nasi kebuli sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu menanak nasi bersama kaldu kambing dan susu kambing atau bisa diganti santan. Daging kambing lalu ditumis dan dicampurkan ke dalam nasi yang dibubuhkan minyak samin untuk memberikan aroma yang khas.

Bumbu-bumbu nasi kebuli lainnya lalu dihaluskan dan ditumis bersama nasi. Bumbu nasi kebuli yang Anda perlukan yakni bawang putih, bawang merah, lada hitam, cengkih, ketumbar, jintan, kapulaga, kayu manis, pala, dan minyak samin.  Setelah itu, daging kambing dimasak bersama dengan nasi setengah matang hingga akhirnya benar-benar matang. Daging kambing bisa juga diiris kecil-kecil dan dicampurkan ke dalam nasi, atau digoreng dan disajikan terpisah. Jika sudah jadi atau matang, sajikan nasi kebuli dengan asinan nanas, bisa juga ditambah sambal goreng hati.

 

1.Nasi kebuli kambing asli

Bahan-bahan:

* 1 kg daging kambing

* 5 cup beras

* 1 cabai hijau besar

* 9 bawang putih iris

* 3 bawang bombai iris

* 3 sdm minyak sayur/ghee/minyak samin

* 3 sdm margarin

* 1 batang kayu manis

* Garam

 

Bumbu:

* 2 sdm jinten

* 3 sdm ketumbar

* 1 sdm kapulaga

* 1 biji pala

* 1 sdt merica

* 1 sdt cengkeh

* 1 ruas kunyit

 

Cara membuat:

  1. Pertama, rebus daging kambing dengan api sedang sampai mendidih. Lalu buang kotoran atau busa yang mengambang dengan sendok. Setelah tidak ada lagi busa, matikan kompor.
  2. Kemudian, sangrai bumbu sampai harum. Lalu, haluskan. Setelah itu, tumis bawang putih dan bawang bombai yang sudah diiris dengan minyak serta margarin hingga layu.
  3. Setelah itu, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam tumisan bawang putih dan bombai. Tambah kayu manis. Jika sudah wangi, masukkan ayam beserta air rebusan ayam tadi. Biarkan sampai aya matang. Jangan lupa tambahkan garam.
  4. Setelah itu, cuci beras. Lalu ketika ayam matang, angkat dan tiriskan dalam wadah. Kuah beserta bumbu-bumbu bekas masak ayam tadi, masukkan ke dalam wadah ricecooker berisi beras. Sesuaikan dengan takaran seperti masak nasi biasa.
  5. Masak nasi hingga matang. Jika sudah, angkat dan sajikan nasi kebuli bersama ayam yang sudah digoreng. Tambahkan cengkeh dan kismis jika suka.

baca juga, rumah murah di Sidoarjo!

Nasi kebuli kambing simpel

Bahan-bahan:

* 235 gr beras basmati

* bumbu instant

* 250 gr daging kambing

* 1/2 bawang bombai ukuran besar

* 1 siung bawang putih

* 1 ruas jahe/secukupnya jahe bubuk

* 2 sdt garam

* Secukupnya minyak/margarin

* Secukupnya air

 

Cara membuat:

  1. Pertama, cuci beras basmati, lalu rendam 30 menit. Setelah itu, tiriskan.
  2. Lalu, potong dadu daging kambing, iris-iris bawang bombaibdan cincang bawang putih.
  3. Kemudian, tumis bawang putih dan bombay menggunakan minyak atau margarin, tambahkan jahe, garam, tuang bumbu-bumbu yang ada dalam kemasan.
  4. Jika sudah, masukkan daging kambing, tambahkan air secukupnya, masak hingga empuk.
  5. Jika sudah empuk, masukkan beras, daging, dan sisa air rebusan dalam magic com. Masak hingga matang. Sesaat setelah matang, aduk-aduk nasi agar bumbu merata.
  6. Setelah itu, angkat lalu sajikan.

 

 

 

Kerja itu Selingan, Yang Utama Sholat

Ternak Desa Sejahtera, Kandang Qurban Terbesar di Indonesia
logo kandang id

Qurban kirim ke rumah, mudah dan praktis
Terpercaya dalam naungan Nurul Hayat

Layanan

Kambing Qurban
Sapi Qurban
Aqiqah
Blog

Copyright © 2020 - 2022 kandang.id